Rabu, 07 Oktober 2009

Macam-Macam Jaringan komputer
a. LAN atau Local Area Network
LAN adalah suatu jaringan komputer yang menghubungkan komputer atau worksation yang satu dengan komputer yang lain di rumah atau perkantoran. jaraknya dibatasi sampai beberapa kilometer dan memiliki kecepatan koneksi antara 2-10 Megabyte per sekon
Jaringan LAN terbagi atas jaringan client/server dan peer to peer. Jaringan client adalah tipe jaringan yang difungsikan untuk client dan server. adapun tipe peer to peer adalah tipe jaringan yang memperlakukan semua komputer setara. Teknologi yang biasanya dipakai LAN adalah Ethernet, Token Ring dan FDDi.


b. MAN atau Metropolitan Area NEtwork
MAN pada prinsipnya sama dengan LAN, hanya saja UKURan jaringannya lebih besar dibandingkan lAN. Jarak yang ditempuh oleh MAN ini berkisar antara 10-50 km. Man sangat cocok diterapkan untuk membangun jaringan antarkantor yang letaknya berdekatan dalam kota yang sama.







c. WAN atau Wide ARea Network
WAN adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang luas. WAN dapat menghubungkan jaringan antarnegara bahkan benua. KJomputer, printer, dan alat lainnya pada LAN dapat terhubung secara jarak jauh.

Teknologi yang biasa dipakai WAn adalah modem, ISDN, DSL, dan FRame RElay.

























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar